Hadits Kebaikan



Islam agama yang sempurna yang mengajarkan kebaikan kepada umat manusia. Baik itu kebaikan di dunia maupun kebaikan di akhirat. Sumber-sumber bagi kita untuk mengenal Islam lebih mendalam yakni dengan Al Qur’an, hadits, ijma’, dan lain-lain. Pada postingan kali ini saya akan menyajikan tentang sebuah hadits yang tertera pada Kitab Adab ad-Din wa ad-Dunya tentang kebaikan.

Rasulullah SAW bersabda, “Kebaikan itu ada pada 3 hal, sehingga apabila ketiganya ini ada pada seseorang maka sempurnalah imannya: orang yang apabila ia senang, maka kesenangannya itu tidak memasukkannya ke dalam kebathilan; orang yang apabila ia marah, maka kemarahannya itu tidak mengeluarkannya dari kebenaran; dan orang yang apabila ia mampu membalas kejahatan (dendam), maka ia memaafkannya.” (Kitab Adab ad-Din wa ad-Dunya, Ali bin muhammad bin Habib al-Mawardi asy Syafi’i)

Hadits tersebut kalau kita lihat bahasanya sangat simpel. Akan tetapi untuk melaksanakan apa yang terkandung di dalamnya tidaklah mudah. Kalau kita mencoba menggali ibrah dari hadits tersebut maka jika kita merasa senang, janganlah berlebih-lebihan yang sampai membuat keburukan. Jika kita marah maka tentu ada waktu dan situasi tertentu, jangan sampai kemarahan membuat kita lupa diri. Dan terakhir kita dituntut untuk saling memaafkan sesama saudara kita.

Sekian posting saya pada sore hari ini dan semoga bermanfaat. Silakan pembaca kunjungi tulisan saya sebelumnya Hadits Kurban, Cara Makan Rasulullah, dan Kata Bijak Ali bin Abi Thalib


Tags: hadits tentang kebaikan, mutiara hadist shahih, hadits kebaikan, kebaikan rasulullah, hadits rasulullah, hadis rasulullah, hadits rasulullah saw, muslim bukhari, kumpulan hadits bukhari, kebaikan islam, iman sempurna, islam sempurna, islam agama sempurna, marah dalam islam, marah menurut islam, dendam dalam islam, kitab syafi'i, kitab imam syafi i, fiqih syafi i, kitab hadits, qur an dan hadits, qur an hadis